Kamu Harus Tahu! Ternyata Penggunaan Vape Bisa Menimbulkan 7 Dampak Buruk Bagi Kesehatan!

Di era yang berkembang pesat ini, banyak pabrik yang berhasil meluncurkan produk-produk terbarunya. Misalnya saja rokok elektrik atau yang biasa disebut vape. Vape merupakan rokok elektrik yang terdiri dari baterai, elemen pemanas, serta tabung yang berisi cairan yang bernama cartride. Catride mengandung nikotin, propilen glikol atau gliserin dan penambah rasa yang membuatnya beda dari rokok. Rasanya pun bervariasa mulai dari rasa buah-buahan, hingga rasa cokelat. Nah keunggulan dari vape ini ialah dapat diisi ulang. Pemakaian benda yang satu ini kini memang sedang menjadi tren di kalangan remaja hingga dewasa. Dalam pemakaiannya, banyak yang mengira bahwa vape merupakan alternatif yang lebih menyehatkan daripada rokok. Ada juga yang beranggapan bahwa pemakaian vape bisa membuat seseorang berhenti merokok. Anggapan tersebut justru salah, sebab pada dasarnya penggunaan vape juga tetap menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan lho! Lalu apa saja kah dampak buruk penggunaan vape bagi kesehatan? Langsung saja simak penjelasan berikut ini.

  1. Merusak paru-paru
READ  Yuk Kenali 6 Jenis Ruam Pada Kulit Bayi Beserta Cara Mengatasinya!

Meskipun bentuknya berbeda dari rokok tembakau, penggunaan vape tetap saja bisa merusak paru-paru sebab kandungan senyawa kimia yang ada di dalam vape malah sifatnya lebih keras sehingga akan menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan paru-paru. Senyawa kimia di dalam vape secara bertahap akan menghancurkan saluran paru-paru.

  1. Menurunkan sistem imun tubuh

Selain berdampak buruk bagi organ paru-paru, vape juga bisa membuat sistem imun atau kekebalan tubuh kita menurun. Peneliatan mengemukakan bahwa senyawa yang terdapat dalam cairan vape akan menciptakan uap yang mempunyai efek imonouspresif atau penurunan sistem kekebalan tubuh.

  1. Meningkatkan risiko terkena serangan jantung

Beberapa penilitan mengatakan bahwa penggunaan rokok elektrik terus-menerus bisa meningkatkan risiko terkena penyakit jantung. Hal itu mungkin sekali terjadi, sebab  cairan vape memiliki kandungan senyawa kimia yang bernama kadmium. Kadmium inilah yang bisa meningkatkan risiko serangan jantung dan plak atherosklerotik.

READ  Yuk Kenali 6 Jenis Ruam Pada Kulit Bayi Beserta Cara Mengatasinya!

 

  1. Meningkatkan risiko terkena kanker

Tak berbeda jauh dari rokok tembakau, vape juga dikenal sebagai penyebab utama kanker. Hal itu disebabkan vape memiliki kandungan formaldehid yang bisa memicu kanker karena bersifat karsinogenik.

  1. Menimbulkan dampak buruk bagi perkembangan otak

Vape lebih banyak digunakan di kalangan anak sekolah dan remaja. Hal tersebut sungguh menghawatirkan dikarenakan penggunaan vape sangatlah mempengaruhi perkembangan otak seseorang, terutama di saat usia remaja.

  1. Merusak kesehatan mental

Perlu diketahui bahwa penggunaan vape atau rokok elektrik ini tidak hanya menimbulkan efek samping bagi kesehatan tubuh saja melainkan juga akan merusak kesehatan mental seseorang.

  1. Mempengaruhi kesehatan gigi dan mulut

Masih banyak yang belum mengetahui bahwa vape juga memberikan pengaruh buruk bagi kesehatan gigi dan mulut.  Penggunaan vape terus-menerus bisa membuat gigi berlubang, dan membuat gusi mengalami peradangan. Selain itu, paparan aerosol dari rokok elektrik bisa membuat permukaan gigi terserang banyak bakteri, terlebih jika vape tersebut digunakan lebih dari satu orang.

READ  Yuk Kenali 6 Jenis Ruam Pada Kulit Bayi Beserta Cara Mengatasinya!

Demikian 7 dampak buruk vape atau rokok elektrik bagi kesehatan. Nah bagaimana? Masih mau kah kamu menggunakan vape? Jika sudah mengetahui dampak buruknya bagi kesehatan, sudah seharusnya kamu mencoba  untuk tidak memakainya lagi. Semoga infromasi kali ini bermanfaat ya! Dapatkan tips kesehatan lainnya pada website clubwanita.com. Semoga bermanfaat ya

You May Also Like

About the Author: Marinka