Yuk Kenali 6 Jenis Ruam Pada Kulit Bayi Beserta Cara Mengatasinya!

Dibandingkan dengan kulit orang dewasa, bayi memiliki kulit yang terbilang sangat sensitif. Tak heran jika kulit bayi sering mengalami gangguan kulit sperti ruam atau bintik kemerahan. Sebenarnya masalah kulit ini tidak terbilang serius sehingga bisa disembuhkan dengan melakukan perawatan yang benar.

Penyebab ruam pada bayi ialah iritasi atau infeksi pada kulit akibat virus, bakteri, panas, alergi, gesekan, jenis kain, wewangian, bahan kimia, dan sebagainya. Nah jika ruam bayi dibarengi dengan demam tinggi, sulit bernapas, ataupun muntah-muntah, segera bawa anak anda ke dokter. Ruam pada kulit bayi memiliki banyak jenis  dengan penyebab yang berbeda-beda. Di bawah ini merupakan jenis-jenis ruam pada kulit bayi beserta penyebab dan cara mengatasinya.

  1. Ruam popok

Ruam popok disebabkan karena kondisi popok yang terlalu lembap, ataupun keasaman dari ari seni dan feses bayi. Ruam jenis ini juga yang paling sering terjadi. Penanganannya ialah dengan selalu menjaga popok agar tetap bersih dan kering. Segera ganti popok apabila sudah kotor.

  1. Impetigo
READ  Kamu Harus Tahu! Ternyata Penggunaan Vape Bisa Menimbulkan 7 Dampak Buruk Bagi Kesehatan!

Impetigo bisa terjadi karena kulit tergores, terluka, terkena gigitan, ataupun iritasi ringan sehingga kulit terinfeksi bakteri streptococcus atau staphylococcus. Ruam jenis ini diawali dengan luka yang lama kelamaan menjadi merah, berair, bernanah, hingga akhirnya melepuh meninggalkan bekas kuning kecoklatan. Ruam jenis ini bisa terjadi pada bagian tubuh mana saja, namun lebih sering terjadi di bagian mulut dan hidung. Apabila si anak menggaruk kulit yang terluka, bakteri pun akan menyebar pada kulit  sehingga menyebabkan lebih banyak luka. Cara mengatasi impetigo ialah dengan mencuci area yang terkena impetigo dengan menggunakan sabun antibakteri dan jangan lupa untuk mengoleskan salep antibakteri.

  1. Hives

Ruam jenis ini ditandai dengan kulit yang terasa gatal dibarengi dengan munculnya tonjolan pada permukaan tubuh dengan bagian tengah yang bewarna pucat. Hives sendiri terjadi akibat reaksi alergi terhadap makanan, obat, infeksi virus, serta sengatan atau gigitan serangga. Hives muncul di sekujur tubuh dan akan hilang selama 3 sampai 4 hari. Cara mengatasi hives ialah dengan mengkonsumsi antihistamin ataupun krim cortisone 0.5 atau 1 persen yang bisa menyembuhkan rasa gatal.

  1. Eczema
READ  Kamu Harus Tahu! Ternyata Penggunaan Vape Bisa Menimbulkan 7 Dampak Buruk Bagi Kesehatan!

Gejala terkena ruam Eczema ditandai dengan kulit yang terasa gatal, dan kemerahan yang biasa terlihat pada wajah, siku, lengan, dada, kaki, dan di belakang lutut bayi. Penyebabnya bisa karena alergi, kulit kering dan sensitif. Cara mengatasi Eczema ialah dengan menggunakan sabun yang formulanya ringan, menggunakan deterjen tanpa pewangi untuk pakaian bayi, mengoleskan hydrocortisone (krim steroid), dan memakai pelembab.

  1. Prickly heat (Biang keringat)

Biang keringat disebabkan karena cuaca panas yang lembap, pakaian yang terlalu tebal sehingga muncul lah biang keringat pada kulit bayi. Gejalanya berupa bintik-bintik merah yang terasa gatal, pembengkakakn ringan di area kepala, leher, bahu, lengan, ataupun kaki. Biang keringat dapat diatasi dengan memandikan bayi dengan air dingin, mengenakan pakaian yang tipis, serta kondisikan bayi di ruanga  sejuk.

  1. Eksim
READ  Kamu Harus Tahu! Ternyata Penggunaan Vape Bisa Menimbulkan 7 Dampak Buruk Bagi Kesehatan!

Eksim ditandai dengan kondisi kulit kering, kemerahan, bersisik, dan gatal. Kondisi ini biasa muncul di area wajah, lengan, serta bagian belakang lutut. Mencegahnya pun mudah yaiyu dengan selalu mengenakan bahan pakian yang lembut serta menjaga kebersihan tubuh bayi dan lingkungan tempat tinggalnya.

Nah itulah 6 jenis ruam pada kulit bayi beserta cara mengatasinya. Apabila kondisi ruam tidak kunjung sembuh, segera kunjungi dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat ya! Oh ya pada mom yang ingin perawatan kulit bisa simak 10 cara mencerahkan wajah. Semoga bermanfaat mom.

You May Also Like

About the Author: Marinka