Wisata Pulau Kumala Yang Cocok Untuk Keluarga

Pulau Kumala adalah salah satu destinasi wisata yang ada di Kalimantan Timur, tepatnya di Tenggarong. Pulau ini merupakan pulau kecil yang berada di tengah sungai Mahakam, di bagian sungai yang melintasi kota. Pulau Kumala memiliki luas area sekitar 76 hektare serta di kelola dengan baik hingga saat ini menjadi daya tarik wisata.

Pulau ini nampak dari atas menyerupai perahu yang membelah arus sungai, yang tentu saja menjadi pulau yang sangat unik. Terdapat beberapa yang menarik dari Pulau Kumala antara lain,

1. Jembatan Repo-Repo

Jembatan ini adalah jembatan yang melintasi sungai Mahakam untuk menuju ke Pulau Kumala. Jembatan ini di resmikan oleh Sultan Kutai Aji Muhammad Salehuddin II pada Maret 2016, yang diiringi upacara tempong tawar.

2. Patung Lembuswana

Pada tahun 2002 di Taman Pulau Kumala terdapat patung Lembuswana yang unik, kini patung Lembuswana tersebut menjadi lebih menarik. Patung Lmbuswana di Pulau Kumala memiliki perbedaan yang sangat nampak di bandingkan dengan patung Lembuswana di tempat lain. Patung Lembuswana yang ada di tempat lain dalam posisi berdiri dengan warna keemasan, sedangkan di Pulau Kumala patung dalam posisi duduk, berwarna hitam dan dengan belalai yang berbeda posisi, hasil karya seniman asal Bali, Nyoman Nuarta.

3. Pura Pasak

Pura Pasak adalah tempat terfavorit bagi para pengunjung yang datang ke Pulau Kumala, karena pura ini berbentuk mirip seperti candi dengan tangga berundak.  Di beberapa sudut juga terdapat patung patung yang memiliki kesan eksotis.

4. Rumah Lamin

Masih di kawasan Pulkau Kumala, kamu juga akan menemukan 3 buah bangunan rumah Lamin, yang menjadi rumah adat suku Dayak yang berbahan kayu ulin. Salah satu banguinan tersebut difungsikan sebagai pusat informasi budaya Dayak.

5. Area Parkir yang Luas

Karena telah menjadi destinasi wisata yang ramai dikunjungi, pengelola telah menyediakan area parkir yang luas dimana kendaraan pribadi seperti mobil, motor, mini bus hingga ada sewa bus pariwisata yang ikut parkir di area tersebut.

Tertarik? Ayo ke Pulau Kumala!

You May Also Like

About the Author: Marinka